Ronaldo Rozalino

Education, Art, Business, Religious, Motivation, Literation, Etc Bersekolah di: SD Negeri 006 Bekasi Timur SMP Negeri 2 Bekasi Timur SMK Negeri 1 Telu...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pendidikan Agama Islam Visi Yang Efektif
Logo Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Pendidikan Agama Islam Visi Yang Efektif

 

Pendidikan Agama Islam Visi Yang Efektif

 

Oleh: Ronaldo Rozalino

Mahasiswa Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB)

 

 

 

#TantanganGurusiana Hari Ke 58 Menuju Hari Ke 60

 

Bismillah.

 

Kurikulum pendidikan nilai-nilai Islam yang disebut di sini berfokus pada pengembangan kepribadian dan karakter anak-anak, perhatian penuh pada kebutuhan nyata dan keprihatinan siswa, dan persiapan siswa dengan pemikiran kritis dan keterampilan pemecahan masalah yang diperlukan untuk berfungsi dengan sukses sebagai Muslim dalam masyarakat.

 

 

Tanpa pemahaman yang tepat tentang sistem nilai Islam, ada sedikit harapan bahwa tujuan sejati, atau maqasid, pendidikan Islam dapat tercapai.

 

 

Pendidikan Islam harus mampu menghasilkan pemuda Muslim yang mampu mengidentifikasi, memahami, dan kemudian bekerja secara kooperatif untuk memecahkan masalah yang dihadapi komunitas mereka dan dunia di mana mereka hidup dan yang menjadi tanggung jawab mereka.

 

 

 

 

Tujuan dari pendidikan Islam bukanlah untuk mengisi pikiran anak-anak kita dengan informasi tentang Islam, tetapi untuk mengajar mereka tentang menjadi Muslim.

 

 

Pendidikan Islam, pertama dan terutama, harus fokus pada pengajaran nilai-nilai dan menekankan masalah identitas dan harga diri; lebih jauh, itu harus mengatasi masalah nyata dari siswa, dan itu harus menekankan dan menyediakan pelatihan dalam kepemimpinan.

 

 

Belajar dan mengajar Islam yang efektif juga harus diintegrasikan. Ini harus mencakup dan melibatkan seluruh anak, secara spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik. Selain itu, pengajaran dan pembelajaran Islam harus integratif di berbagai topik dan dalam penanganannya terhadap topik-topik ini. Itu harus integratif lintas waktu dan tempat serta integratif lintas kurikulum.

 

 

Belajar harus aktif dengan menekankan kegiatan langsung dan pikiran yang menuntut siswa untuk bereaksi terhadap apa yang mereka pelajari dan menggunakannya dalam kehidupan mereka dengan cara yang bermakna.

 

 

 

 

Nama                          : Ronaldo Rozalino

 

Mata Kuliah               : Studi Naskah Bahasa Inggris

 

Dosen Pengampu       : Prof. Martin Kustati

 

Tanggal                      : 4 Juli 2020

 

 

 

 

 

 

Versi Bahasa Inggris

 

 

 

Islamic Education A Vision of Effective

 

 

 

The Islamic values ​​education curriculum referred to here focuses on developing the personality and character of children, full attention to the real needs and concerns of students, and preparing students with the critical thinking and problem solving skills needed to function successfully as Muslims in society.Without a proper understanding of the Islamic value system, there is little hope that the true goal, or maqasid, of Islamic education can be achieved.

 

Islamic education must be able to produce Muslim youth who are able to identify, understand and then work cooperatively to solve the problems facing their community and the world in which they live and for which they are responsible.The purpose of Islamic education is not to fill the minds of our children with information about Islam, but to teach them about being Muslim.Islamic education, first and foremost, must focus on teaching values ​​and emphasize issues of identity and self-esteem; furthermore, it must address the real problems of students, and it must emphasize and provide training in leadership.

 

Effective Islamic learning and teaching must also be integrated. This must include and involve all children, spiritually, emotionally, socially, intellectually and physically. In addition, Islamic teaching and learning must be integrative in various topics and in their handling of these topics. It must be integrative across time and place and integrative across the curriculum. Learning must be active by emphasizing direct activities and thoughts that require students to react to what they are learning and use it in their lives in meaningful ways.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren...salam literasi pak

14 Jul
Balas



search

New Post